Yuk Simak Aturan Terbaru Ganjil Genap Jakarta Disini!

Yuk Simak Aturan Terbaru Ganjil Genap Jakarta Disini!

Ganjil Genap

Beberapa waktu lalu saat admin valemontu ingin pergi belanja sepatu bekas import di daerah Jakarta Selatan admin sedikit kebingungan dengan rute jalur ganjil genap. Salah satu cara yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengatasi kemacetan, adalah dengan meresmikan kebijakan ganjil genap untuk membatasi kendaran bermotor yang melintasi ruas ruas jalan di ibu kota. Sistem ganjil genap Jakarta ini kembali diberlakukan setelah sempat dinonaktifkan akhir tahun lalu. Sudah tahu aturan terbarunya? Yuk simak perpanjangan sistem ganjil genap berikut ini!

Ini Dia Aturan Terbaru Kebijakan Ganjil Genap (GaGe)

  1. Ganjil genap gerbang tol

Kebijakan ganjil genap ini tidak hanya diberlakukan di ruas jalan raya, namun juga di beberapa gerbang tol. Perluasan kebijakan ganjil genap kendaraan bermotor kini mencakup lebih banyak ruas gerbang tol, dan berlaku dalam dua waktu yang berbeda. Yang pertama adalah pukul 6 hingga 10 pagi hari, dan di waktu petang pada pukul 4 sore hingga 9 malam. Namun jika di persimpangan tol diberlakukan sistem ganjil genap, anda tetap bisa melewatinya untuk keperluan keluar masuk tol.

  1. Perluasan aturan ganjil genap

Perluasan kebijakan ganjil genap di Jakarta tahun ini mencakup lebih banyak ruas jalan, tepatnya kini ada 25 ruas jalan yang diterapkan peraturan baru ini. Beberapa diantaranya adalah ruas jalan Medan Merdeka Barat, Jenderal Sudirman, MH Thamrin, Jenderal Gatot Subroto, Rasuna Said, simpang jalan Tomang Raya hingga jalan KS Tubun, dan lain lain. Bagi anda yang sedang belajar mengemudi, dianjurkan untuk menyesuaikan waktu latihan dengan waktu pelaksanaan aturan ini.

  1. Tidak ada ganjil genap saat weekend

Kebijakan ganjil genap di ibukota ini dibuat untuk mengurangi kemacetan, terutama pada jam jam sibuk yang membuat hampir seluruh ruas jalan di Jakarta dipenuhi kendaraan. Aturan ini berlaku pada hari Senin hingga Jumat, dalam dua pelaksanaan waktu yang berbeda di pagi dan sore hari. Namun pada hari Sabtu dan Minggu alias weekend, tidak ada pembatasan kendaraan bernomor ganjil atau genap di seluruh ruas jalan ibukota.

  1. Pengecualian kendaraan

Perlu diketahui bagi anda yang masih belajar mengemudi, bahwa tidak semua kendaraan bermotor wajib mengikuti kebijakan ganjil genap ini. Beberapa kendaraan yang memiliki kepentingan khusus boleh melewati ruas jalan manapun kapan saja. Pengecualian ini berlaku untuk kendaraan yang mengangkut barang, pengisian uang ATM, BBM, serta angkutan umum. Tentu saja ambulans, pemadam kebakaran, dan mobil dinas juga terbebas dari sistem gage (ganjil genap) ini.

Bagi anda yang belum berpengalaman mengemudi di seluruh kawasan Jakarta, perhatikan rambu petunjuk ganjil genap yang dipasang di batas awal dan akhir ruas jalan gage. Sementara untuk pengendara motor telah disediakan jalur khusus atau kanalisasi di ruas jalan sebelah kiri, dan tidak termasuk dalam sistem gage. Jika anda membutuhkan jalur alternatif untuk menghindari gage, anda bisa mengunduh peta ruas jalan di web Dishub DKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *