Workshop Khusus Untuk Kontroversi DP Rumah 0 Persen

Workshop Khusus Untuk Kontroversi DP Rumah 0 Persen

Beberapa pekan ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno enggan berkomentar masalah program rumah DP 0.

Padahal, banyak pertanyaan yang dilontarkan awak media terkait program tersebut. Misalnya, seperti apakah ada anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta untuk subsidi DP.

Hari ini, Rabu (14/3/2018), dalam jadwal Sandiaga, ada sebuah kegiatan yang diperuntukkan bagi awak media. Kegiatan itu berjudul “Sosialisasi dan Pendalaman Materi kepada Jurnalis tentang Program Hunian DP Rp 0”.

Beberapa waktu lalu, Sandiaga memang menjanjikan membuat sebuah workshop tentang DP 0. Janji ini terlontar ketika dia menolak menjawab pertanyaan apapun mengenai program itu.

“Saya mau lakukan workshop. Kami lagi minta waktunya dari teman-teman wartawan kapan,” ujar Sandiaga beberapa waktu lalu.

Sandiaga tidak ingin penjelasan mengenai program ini diberikan sepotong-sepotong. Dia juga akan memberikan filosofi mengenai program ini.

“Kami tidak mau memacu dan memicu spekulasi. Kita akan lakukan workshop,” kata dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) untuk program rumah DP 0. Nantinya BLUD ini akan mengatur penjualan rumah sekaligus melakukan seleksi terhadap calon pembeli.

Rencananya BLUD akan dibentuk pada April sambil Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman menyiapkan peraturan gubernurnya.

Baca juga : Rusun DP 0 Rupiah Klapa Village Bisa Dipesan Mulai April 2018, Ini Syaratnya…

Sampai saat ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru meresmikan satu rumah susun DP 0 di Pondok Kelapa.

Setelah itu, perusahaan swasta PT Nusa Kirana mencoba membuat rumah DP 0 di Rorotan. Namun belum bisa bekerja sama dengan Pemprov DKI karena tidak menggunakan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *