Siapapun Bisa Jadi Pengusaha Properti Rumah, Begini Tips dan Triknya

Siapapun Bisa Jadi Pengusaha Properti Rumah, Begini Tips dan Triknya

Memulai bisnis properti jual beli rumah adalah salah satu hal yang menggiurkan dan dapat Anda coba sebagai usaha mendapatkan uang tambahan. Hal ini merupakan langkah kecil untuk Anda yang belum memiliki cukup modal untuk menjadi agen properti dengan modal besar. Dalam bisnis properti ini, Anda dapat memulainya bahkan tanpa modal materi sama sekali. Tetapi Anda masih membutuhkan modal lainnya yaitu kemampuan berbicara, pengetahuan tentang properti dan yang pasti mampu meyakinkan customer.

Jual Beli Rumah

Tips Menjadi Pengusaha Properti Dari Nol

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membangun bisnis properti dari nol tanpa modal.

  • Mulai saja yang Penting Niat

Saat Anda mau berusaha menjadi pengusaha properti dari nol, mungkin Anda masih merasa minder dan kurang percaya diri. Jangan takut memulainya dari nol karena semua proses yang dilalui pasti akan menjadikan Anda pengusaha yang sukses dibanding orang yang hanya meneruskan usaha saja. Jam terbang dan pengalaman tidak akan mengkhianati hasil yang akan diterima. Selain itu Anda pasti juga akan merasa lebih puas dan bangga bila merintisnya sendiri.

  • Rajin melihat iklan

Sebagai pengusaha properti pemula yang menjalankan usahanya tanpa modal, Anda harus rajin menyimak iklan properti. Iklan ini dapat Anda dapatkan dari internet, Koran ataupun di papan iklan agar memiliki banyak referensi. Dari semua properti yang diiklankan tersebut Anda dapat membuka peluang usaha dengan menawarkannya ke orang lain. Tawarkan properti tersebut dengan harga yang sedikit tinggi sebagai keuntungan Anda nantinya.

  • Memasarkan di lingkungan sekitar

Untuk pemula, jalankan dahulu bisnis Anda di lingkungan sekitar seperti kepada saudara, teman atau tetangga. Anda dapat menawarkan properti yang kira-kira recommended sesuai dengan keinginan orang yang mencari atau mencoba membantu mencarikannya. Anda dapat menanyakan detail rumah yang diinginkan seperti apa sehingga nantinya lebih mudah dalam mendapatkannya sesuai dengan harapan orang yang akan membeli.

  • Mencari calon penjual

Saat Anda sudah mendapatkan calon pembeli, tugas Anda sekarang adalah menemukan calon penjual yang memiliki rumah seperti yang diinginkan pembeli. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan banyak menyurvei lingkungan perumahan di daerah yang diinginkan calon pembeli. Carilah informasi selengkap mungkin tentang properti tersebut mulai dari harga, fasilitas dan lain sebagainya. Dengan semua informasi yang didapatkan Anda dapat memberikan gambaran lebih mudah dan jelas bagi calon pembeli sehingga bisa yakin dan ingin membelinya.

  • Menawarkan kerja sama

Saat Anda sudah mulai menjalin kerjasama dengan para penjual properti yang baik reputasinya, tawarkan kerjasama kepada mereka. Agar lebih baik mekanismenya dan tidak ada yang merasa dirugikan, Anda dapat membuat perjanjian tertulis. Jangan lupa selalu tanyakan detail rumah yang akan dijual seperti lokasi, kondisi jalan, luas, ruangannya, fasilitas dan lain sebagainya.

Setelah hal diatas sudah jelas Anda ketahui, Anda dapat mulai mencoba mencari pembeli dan menggunakan keahlian marketing Anda. Anda harus menguasai cara meyakinkan pembeli, menguasai bahasa yang persuasive dan mengomunikasikan semuanya dengan baik. Berilah informasi berdasarkan fakta yang ada dan jangan melebih-lebihkannya hanya untuk membuat customer yakin.

Apabila faktanya berlainan pasti customer akan merasa kecewa dan merusak reputasi Anda dalam menjadi pengusaha properti. Selain itu jangan mengambil untung terlalu besar sehingga pembeli enggan untuk membeli karena harga terlalu tinggi. Mulailah untuk menentukan berapa persen keuntungan yang akan Anda ambil di setiap rumah dengan jumlah yang masuk akal.

  • Membuat website untuk promosi

Jaman digital memudahkan kita dalam berbagai macam hal dan salah satunya adalah mempromosikan jual beli rumah. Memasarkan lewat website adalah hal yang sangat efektif dan juga hemat biaya. Selain itu promosi yang dilakukan juga dapat dilihat dengan mudah oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Selain menggunakan website gratis, Anda juga dapat memanfaatkan media sosial sebagai tempat promosi.

Yang harus Anda ingat adalah kontak yang digunakan untuk menghubungkan penjual dan pembeli harus langsung melalui Anda karena Anda di sini berperan sebagai makelar yang sedang mencari keuntungan dari transaksi yang akan dilakukan. Jangan lupa menyertakan foto yang jelas dari setiap bagian rumah sehingga calon pembeli dapat lebih yakin lagi.

  • Menyisihkan keuntungan

Dari keuntungan yang Anda dapatkan di setiap transaksi, sisihkan uang tersebut untuk ditabung dan nantinya dapat digunakan sebagai modal usaha. Hal ini merupakan sebuah investasi jangka panjang yang baik dan dapat memajukan usaha Anda agar menjadi agen properti yang sukses.

  • Mencari karyawan

Saat usaha yang Anda rintis dari nol tadi sudah mulai berkembang dan memiliki banyak koneksi, mulailah mencari karyawan. Hal ini sangat penting bila Anda mulai kewalahan dalam menghandlenya sendiri. Kecepatan dan baiknya pelayanan yang diberikan pasti akan menjadi nilai plus di mata para customer sehingga akan terus menjadi langganan Anda.

Namun Anda juga harus selektif dalam mencari karyawan agar nantinya reputasi usaha Anda tidak akan jatuh. Carilah karyawan yang memang Anda anggap memiliki kemampuan dan pastinya dapat dipercaya bersama-sama mengembangkan usaha properti. Selain itu carilah juga karyawan yang khusus menangani urusan administrasi sehingga Anda tidak multitasking.

Trik Dasar Sebagai Pengusaha Properti Rumah

Setelah Anda mengetahui tips menjadi pengusaha properti diatas, Anda juga harus membekali diri dengan trik yang jitu agar hasilnya maksimal.

  • Memahami pasar

Anda harus pandai memahami pasar karena setiap orang pasti memiliki selera dan juga kebutuhan yang berbeda. Agar tidak salah sasaran, pelajarilah apa yang diinginkan oleh para customer dan apa yang saat ini paling digemari sehingga apa yang ditawarkan akan lebih cepat mendapatkan respon dari pembeli. Anda harus pandai dan sabar mencarikan properti sesuai dengan keinginan customer sehingga mereka merasa puas.

  • Membuka usaha di rumah

Saat Anda ingin membuka agen properti namun terkendala modal, Anda dapat menjadikan rumah Anda sebagai kantor. Hal ini tidak akan menjadi persoalan karena kantor di sini hanya untuk menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli saja. Hal ini tentu saja akan membawa keuntungan karena Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk sewa bangunan yang dijadikan kantor.

  • Memiliki nilai tambah

Usaha Anda tidak boleh terkesan biasa saja dan harus terlihat lain daripada yang lain sehingga membuat para pembeli lebih tertarik. Anda dapat memberikannya melalui keramahan, kecepatan pelayanan, pemberian informasi lengkap dan detail. Hal yang terpenting dan tidak boleh terlupa adalah jadilah pengusaha yang jujur sehingga customer tidak merasa kecewa dan bisa mempromosikan Anda ke orang lain.

  • Mencari mitra yang terpercaya

Saat Anda menjadi pengusaha properti pemula, Anda pasti masih minim pengetahuan dan pengalaman. Namun Anda harus tetap jeli dalam mencari mitra yang dapat dipercaya agar nantinya dapat membuat usaha Anda berkembang menjadi lebih baik. Jangan sampai Anda memilih mitra yang tidak amanah dan nantinya menderita kerugian.

Jangan ragu untuk memulai usaha jual beli rumah walaupun Anda tidak memiliki modal materi yang banyak karena semua bisnis properti dapat dilakukan tanpa modal sekalipun. Jangan pernah patah semangat karena bisnis ini memang membutuhkan ketekunan dan juga kegigihan karena mendapatkan rumah yang sesuai adalah hal yang gampang-gampang susah. Semoga tips dan trik diatas dapat menjadikan Anda pengusaha properti yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *