Apa itu Asuransi Investasi Dan Keunggulannya

Apa itu Asuransi Investasi Dan Keunggulannya

Asuransi

Sekarang ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang melek dengan asuransi baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau yang sedang popular dibicarakan masyarakat sekarang ini adalah asuransi investasi.

Salah satu alasan kenapa asuransi investasi menjadi berbincangan hangat dikalangan masyarakat karena kelebihan yang ditawarkan oleh asuransi investasi, seperti proteksi sekaligus investasi menjadi daya tarik tersendiri. Sehingga kebanyakan dari mereka yang tertarik pada asuransi investasi adalah orang-orang yang memiliki banyak uang. Terlebih para pengusaha sukses.

Asuransi investasi merupakan sebuah sistem yang lebih praktis di mana Anda bisa mendapat dua keuntungan sekaligus yaitu mendapatkan proteksi/ perlindungan dan investasi uang untuk menambah penghasilan atau sebagai tunjangan di masa depan. Terdapat beberapa macam asuransi yang bisa didapatkan, seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi properti dan sekaligus investasi di akhir periode perlindungan.

Semakin Anda memaksimalkan sisi perlindungan asuransi, maka semakin aman jumlah investasi yang Anda kumpulkan. Jadi, Anda bisa mengoptimalkan jumlah investasi untuk tujuan keuangan jangka panjang yang telah direncanakan.

Sistem pembayaran asuransi investasi ini tergolong mudah. Anda dapat membayar dengan kartu kredit sehingga tidak diharuskan datang langsung ke kantor yang bersangkutan. Anda tidak perlu susah payah meluangkan banyak waktu untuk menunggu antrean. Hal ini dinilai lebih fleksibel bagi sebagian orang. Terlebih bagi mereka yang memiliki aktivitas yang padat dan sedikit waktu luang.

Kelebihan inilah yang gencar ditawarkan oleh perusahaan asuransi dan menjadi daya tarik asuransi investasi sehingga banyak masyarakat yang berminat menggunakannya.

Namun semua kelebihan pasti mempunyai kekurangan begitu pula asuransi Investasi. Kekurangan inilah yang harus anda perhatikan jika ingin memutuskan memilih asuransi dan investasi sekaligus. Kekurangan yang paling terlihat pada asuransi investasi ini terletak pada preminya. Premi dari penggabungan asuransi investasi ini akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi dan investasi yang terpisah.

Perlu anda ketahui bahwa tunai yang terbentuk pada awal pembelian produk asuransi investasi sangat kecil. Kecilnya nilai tunai tersebut bisa sampai lebih lebih kecil dari nilai premi yang harus dibayarkan. Biasanya anda tidak akan mendapat banyak informasi berkenaan dengan jenis investasi yang anda terima. Karena biasanya pihak asuransi yang akan memilihkannya untuk anda, sehingga anda tidak bisa memilih sendiri jenis investasi yang anda inginkan.

Kekurangan yang lain akan segera terlihat jika anda sudah terlanjur membeli asuransi investasi dan ingin memutuskan untuk berhenti. Pada saat anda sudah tidak mampu lagi membayar premi, maka investasi anda akan hilang. Jadi jika anda memutuskan untuk berhenti, jelas anda akan merasa rugi. Namun jika anda memaksakan diri untuk tetap melanjutkan, maka anda harus tetap membayar premi yang mahal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *